Rabu, November 25, 2020
Beranda Peluang Usaha Peluang Usaha di Desa yang Memiliki Potensi Menjanjikan

Peluang Usaha di Desa yang Memiliki Potensi Menjanjikan

Tak perlu merantau, kini Anda pun bisa memulai usaha walaupun kecil-kecilan di desa. Melalui pemanfaatan lahan sisa di sekitar rumah maupun menyewa kios. Anda sudah bisa mengembangkan skill yang dimiliki. Optimasi usaha tersebut dapat Anda selaraskan dengan perkembangan teknologi saat ini yang sudah memasuki area desa, sehingga pangsa pasar yang dijangkau pun dapat lebih luas. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa terdapat beragam komoditas yang bisa dioptimalkan, sebagai bahan referensi berikut kami sajikan beberapa contoh peluang usaha tersebut.

Contoh Peluang Usaha yang Bisa Dioptimalkan di Desa

Aneka jenis usaha yang bisa dioptimalkan dengan baik di desa mungkin sebelumnya sudah Anda ketahui sebelumnya. Namun, untuk menambah wawasan Anda silakan simak penjelasan rinci berikut ini.

1. Pangkas Rambut

Meski terbilang sederhana, nyatanya usaha pangkas rambut memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan lahan depan rumah maupun penyewaan kios yang memiliki letak strategis. Namun sebelum memulai usaha tersebut pastikan Anda memiliki cukup skill dalam bidang tersebut agar konsumen yang menggunakan jasa Anda semakin meningkat.

2. Toko Sembako

Bahan pokok merupakan kebutuhan yang dicari oleh semua orang baik di desa maupun kota. Hal ini dapat Anda optimalkan dengan membuka sebauh toko sembako atau kelontong. Tak perlu modal besar, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan satu ruang kosong di rumah. Mulai dengan menjual kebutuhan sehari-hari yang sering dicari masyarakat, selanjutnya seiring dengan berkembangnya usaha Anda bisa menambah stok barang dagangan yang diperjualbelikan.

3. Warung Kopi

Tak hanya di kota saja, warga desa juga mengikuti tren loh salah satunya adalah minum kopi. Bedanya jenis kopi yang sering disantap adalah kopi hitam, bukan jenis kopi kekinian. Dengan adanya tambahan makanan ringan seperti gorengan maupun sejenisnya, Anda pun bisa mulai membuka usaha warung kopi. Tak perlu menetapkan harga yang mahal, cukup sediakan saja kualitas layanan yang unggul dijamin pelanggan yang datang akan semakin banyak.

4. Beternak Unggas

Aneka hidangan ayam kampung yang tersedia di restoran kenamaan biasanya memasok dari beberapa supplier. Kesempatan ini bisa Anda optimalkan dengan membuka usaha beternak unggas salah satunya ayam kampung. Memanfaatkan sisa lahan di desa Anda bisa mulai mengemabngbiakkan unggas tersebut untuk selanjutnya dipasok ke restoran maupun rumah makan tertentu.

5. Mengembangbiakkan Jamur Tiram

Perkembangbiakan jamur tiram memiliki potensi usaha yang cukup mumpuni. Anda bisa mengembangkan usaha tersebut di desa, pasalnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bahan-bahan penunjangnya pun dapat diperoleh di sekitar dengan mudah dan murah. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan tersebut meliputi drum bekas, serbuk kayu, dedak yang biasanya digunakan untuk makanan unggas dan lain sebagainya.

6. Menanam Aneka Sayuran dan Buah-Buahan

Jika saat ini Anda bermukim di daerah dataran tinggi, mengelola usaha yang bergerak dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari merupakan hal yang biasa dilakukan. Lazimnya penduduk setempat akan mulai membuka lahan pertanian dengan bertanam sayuran dan buah-buahan. Memiliki pangsa pasar yang cukup luas, Anda bisa mengoptimalkannya dengan menanam tanaman dengan cara organik. Selain menambah pangsa pasar, ukuran kesehatan yang disajikan pun lebih terjamin.

7. Budidaya Lele

Lele menjadi salah satu jenis komoditas yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Memanfaatkan lahan sisa, Anda bisa mulai mengembangkan usaha tersebut meskipun di desa sekalipun. Tak perlu membutuhkan perawatan berlebih serta modal yang besar Anda pun bisa mengoptimalkan usaha dengan baik.

 

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai beberapa peluang usaha yang bisa dioptimalkan dengan baik meskipun di desa. Jika kebetulan Anda memiliki ide lain tak ada salahnya untuk dicoba dan dikembangkan dengan baik. Namun, perlu juga Anda melihat beberapa hal lain yang bisa jadi turut mempengaruhi lancar tidaknya sebuah usaha. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Hal Penting Sebelum Anda Mencari Pinjaman

Ketika anda memutuskan untuk membuka atau memperluas bisnis, kesulitan dalam hal dana mungkin timbul. Untuk mengatasi masalah ini, opsi untuk mencari pinjaman...

Peluang Bisnis Dropship Laris Manis

Dropship adalah Jual Beli online yang tidak mengharuskan kita untuk menyetok barang, melainkan anda hanya mencari pembeli dan anda melakukan order ke...

Potensi Peluang Usaha Masker di Tengah Pandemi

Tak ada salahnya untuk mulai membuka sebuah usaha di tengah kondisi yang tidak menentu saat ini. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa...

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Peluang usaha kuliner tetap memiliki porsi yang cukup signifikan. Tak hanya serign dijadikan usaha sampingan, nyatanya Anda bisa juga loh menggelutinya sebagai...

Komentar Terbaru