Rabu, November 25, 2020
Beranda Pengembangan Usaha Perbedaan Antara Cost Dan Expense

Perbedaan Antara Cost Dan Expense

Bagi seseorang yang bekerja sebagai akuntan untuk berbicara tentang cost dan expense, mereka akrab di telinga mereka. Ketika menyusun laporan keuangan ini memang cukup penting dan tidak boleh dilewatkan, dengan mengingat bahwa ada pengeluaran dan pendapatan dalam laporan keuangan karena unsur pengeluaran ini ada biaya dan pengeluaran. Namun, tahukah Anda perbedaan antara biaya dan pengeluaran dalam akuntansi? Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

Definisi Cost dan Expene

• Cost

Biaya adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan atau mendapatkan manfaat yang memiliki nilai ekonomi di masa depan. Sebagai contoh adalah pembelian aset yang dilakukan sesuai dengan prinsip akuntansi yang disebut biaya pembelian. Membeli aset-aset ini tentunya dapat menimbulkan biaya sehingga jumlah uang tunai yang dimiliki akan berkurang. Namun, di masa depan Anda akan mendapat manfaat secara ekonomi. Biaya-biaya ini dianggap sebagai aset sehingga pengeluaran dapat terjadi saat dihabiskan di masa depan. Oleh karena itu menurut PSAK No. 16 Revisi 2007 menyatakan bahwa biaya perolehan adalah jumlah uang tunai yang dibayarkan atau nilai wajar dari manfaat yang dapat diserahkan untuk mendapatkan aset pada saat akuisisi.

• Expense

Sedangkan biaya (beban) adalah penurunan nilai ekonomi sebagai kas keluar atau berkurangnya aset. Biaya ini dianggap sebagai kewajiban karena dapat menyebabkan nilai ekuitas menurun. Biasanya juga, dianggap sebagai pengorbanan yang telah terjadi. Biaya ini dicatat dalam laporan laba rugi dengan nama akun, termasuk sewa, depresiasi, listrik, gaji dan sebagainya. Jadi apa sebenarnya perbedaan antara keduanya?

Selisih Cost dan Expense

• Posisi pada Laporan Keuangan

Perbedaan yang paling mencolok adalah ketika Anda akan menyiapkan laporan keuangan. Biaya dalam laporan keuangan biasanya ditemukan pada saat penyusunan neraca biasanya juga memiliki bentuk yang tidak dapat digunakan atau juga tidak dapat diprediksi. Ini dapat memberikan manfaat sehingga biaya ini dianggap sebagai aset. Sedangkan pengeluaran biasanya akan muncul pada laporan keuangan yang terletak pada penyusunan laporan laba rugi. Pengeluaran akan muncul dalam bentuk pengeluaran yang digunakan dan tidak akan memberikan manfaat di masa depan yang memiliki jangka waktu tidak lebih dari satu tahun.

• Periode akuntansi

Perbedaan lain juga dapat dilihat pada periode akuntansi. Biaya-biaya ini memiliki periode yang lebih lama atau lebih dari satu tahun dan dianggap sebagai bagian dari pengeluaran modal. Pengeluaran modal yang dikeluarkan bertujuan untuk mendapatkan aset tetap. Ini demi meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasi bisnis perusahaan tetapi kapasitas produktif dari aset tetap. Jumlah biaya yang dikeluarkan dalam satuan rupiah lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah total pengeluaran. Biaya itu sendiri memiliki periode tidak lebih dari satu tahun dan biasanya dianggap sebagai pengeluaran pendapatan yang dapat memberikan manfaat pada periode saat ini. Itulah alasan mengapa biaya yang dikeluarkan tidak dikapitalisasi sehingga mereka akan segera ditentukan sebagai aset di neraca dan langsung dibebankan dalam laporan laba rugi.

• Manfaat yang Diperoleh

Dari segi manfaat yang bisa Anda dapatkan tentu saja berbeda, untuk manfaat biaya yang bisa Anda dapatkan adalah penghasilan. Kemudian, untuk beban manfaat yang bisa diperoleh, yaitu penggunaan sumber daya. Itulah perbedaan keduanya. Baik biaya dan beban dalam akuntansi memiliki peran yang berbeda. Namun, banyak orang berasumsi bahwa keduanya adalah kesimpulan yang sama bahwa melalui perhitungan mereka sangat mempengaruhi cara laporan dibuat dan siklus akuntansi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Hal Penting Sebelum Anda Mencari Pinjaman

Ketika anda memutuskan untuk membuka atau memperluas bisnis, kesulitan dalam hal dana mungkin timbul. Untuk mengatasi masalah ini, opsi untuk mencari pinjaman...

Peluang Bisnis Dropship Laris Manis

Dropship adalah Jual Beli online yang tidak mengharuskan kita untuk menyetok barang, melainkan anda hanya mencari pembeli dan anda melakukan order ke...

Potensi Peluang Usaha Masker di Tengah Pandemi

Tak ada salahnya untuk mulai membuka sebuah usaha di tengah kondisi yang tidak menentu saat ini. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa...

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Peluang usaha kuliner tetap memiliki porsi yang cukup signifikan. Tak hanya serign dijadikan usaha sampingan, nyatanya Anda bisa juga loh menggelutinya sebagai...

Komentar Terbaru